Makanan sehat untuk jantung Anda, sangatlah perlu untuk diperhatikan, selain menjalani pola hidup sehat, agar terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Ada 10 Macam Makanan Sehat untuk Jantung, serta 10 Makanan Untuk Penyakit Jantung.

Salah satu bentuk pola hidup sehat adalah menghindari makanan siap saji yang serba instan. Makanan cepat saji itu kaya akan kolesterol jahat, yang memicu penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung.
Ada 10 macam makanan sehat yang harus dikonsumsi, yaitu :

1. Makanlah Kacang Hitam Yang Memiliki 4 Manfaat


Kacang hitam merupakan bagian dari keluarga tanaman polong ini memiliki rasa yang lezat dan bernutrisi, serta tersedia dalam bentuk yang sudah dikeringkan atau dikalengkan yang sama-sama memiliki manfaat sebagai makanan sehat untuk jantung. Apa saja Manfaatnya ?

  • Kacang hitam memiliki kandungan protein yang tinggi untuk menggantikan protein hewani. Selain itu, terdapat pula kandungan lemak tersaturasi dan tidak mengandung kolesterol sama sekali.
  • Kacang hitam kaya akan ragam mineral, seperti :
    • Mengandung 3.6 miligram zat besi untuk setiap mangkuk kacang hitam untuk mencegah Anemia.
    • Mengandung 46 miligram kalsium tinggi, sebagai pembentuk tulang.
    • Mengandung 611 miligram potasium yang membantu regulasi tekanan darah dan laju jantung.
  • Kacang hitam mengandung sekitar 15 gram serat larut per mangkuk kacang hitam masak. Serat larut sangat berguna untuk mencegah sembelit juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah.
  • Kacang hitam mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan berbagai jenis kacang-kacangan lainnya. Kadarnya setara dengan apel, anggur dan cranberries. Antioksidan bekerja menetralisir sel-sel perusak akibat adanya radikal bebas dan menurunkan risiko adanya penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

2. Anggur Merah Sebagai Makanan Sehat Untuk Jantung


Rutin makan buah anggur merah beserta bijinya, baik untuk menjaga kecantikan serta kesehatan Anda. Berikut adalah beragam manfaat anggur merah beserta bijinya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

    Anggur merah kaya akan kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  • Revesratrol dalam anggur merah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.
  • Anggur merah memiliki sifat anti radang antihistamin. Maka, buah ini baik dikonsumsi Anda yang sedang sakit karena radang seperti radang paru, radang tenggorokan, atau radang usus buntu. Sementara itu, antihistamin dibutuhkan oleh tubuh ketika histamin bereaksi secara berlebihan. Reaksi histamin bisa memunculkan gejala alergi.
  • Anggur merah mengandung saponin untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah. Zat ini bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah.

3. Ikan Salmon, Makanan Enak Kaya Omega 3


Ikan salmon adalah salah satu makanan sehat untuk jantung yang lezat dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Apa saja ?

  • Kaya akan Asam Amino, untuk menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.
  • Kaya akan asam lemak Omega 3, untuk mencegah penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes serta mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Selain itu menunjang kesehatan fungsi otak. Penyakit Alzheimer pun bisa dicegah dengan makan ikan salmon. Selain itu, konsumsi ikan salmon dikaitkan dengan penurunan stres dan depresi serta mata tetap sehat.
  • Kaya akan protein tinggi untuk membentuk otot yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal.
  • Kaya akan nutrisi seperti zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B, dan D. Semua nutrisi itu berperan dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon, dan kuku.

4. Ikan Tuna dan Ikan Salmon, Sama Sama OK


Ikan tuna memiliki daging yang berwarna merah muda dan merah tua, hal ini dikarenakan kandungan myoglobin pada otot tuna yang lebih banyak. Berikut ini beberapa manfaat ikan tuna bagi kesehatan.

  • Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung, tingkatkan rasio konsentrasi HDL, cegah terjadinya pembekuan darah, cegah beberapa jenis kanker tertentu, tingkatkan fungsi otak serta mencegah Alzheimer.
  • asam lemak omega-3 merupakan unsur penting untuk memproduksi glutation peroksidase yang bermanfaat untuk kesehatan hati yang berkontribusi terhadap detoksifikasi.
  • Ikan tuna kaya akan protein tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot. Disamping itu juga bermanfaat bagi darah, kulit, rambut dan kuku.
  • Ikan tuna juga mengadung kalori, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak yang baik untuk kesehatan wanita yang sedang hamil. Disamping itu nutrisi tersebut juga baik untuk kesehatan bayi dalam kandungan.

5. Manfaat Minyak zaitun yang Kaya akan Antioksidan


Minyak ini adalah lemak sehat yang terbuat dari zaitun yang dihancurkan yang kaya antioksidan baik bagi jantung dan melindungi pembuluh darah Anda. Ketika minyak zaitun menggantikan lemak jenuh (seperti mentega), itu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Cobalah pada salad dan sayuran yang dimasak, atau dengan roti.
Kiat rasa: Untuk rasa terbaik, cari yang ditekan dingin dan gunakan dalam 6 bulan.

6. Segenggam Kenari Kaya Akan Omega-3


Cemilan Kenari setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda. Itu juga dapat melindungi terhadap peradangan di arteri jantung Anda. Kenari kaya akan omega-3, lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal, sterol, dan serat. Manfaatnya terasa saat kenari mengganti lemak jahat, seperti yang ada di keripik dan kue.
Tip: Coba minyak kenari sebagai bumbu salad.

7. kacang almond, Makanan Sehat untuk Jantung


Kacang almond cocok dimakan bersama sayuran, ikan, ayam, dan makanan penutup. Makanan kaya akan sterol, serat, dan lemak untuk kesehatan jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol LDL “jahat”. Ambil segenggam kecil sehari dan langsung dikunyah abis.
Sudah pernah minum susu kacang Almond ?

8. Edamame Turunkan Kolesterol dan Trigleserid


Edamame yang dalam bahasa jepang artinya kacang kedele. Biasanya sebagai hidangan pembuka di restoran Jepang. Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secangkir edamame juga memiliki 8 gram serat yang sehat untuk jantung.
Tip: Ambil edamame beku, rebus, lalu sajikan hangat di dalam mangkok. Makanan kacang yang lezat dari polong membuat camilan yang memuaskan.

9. Tahu, Makanan dari Kedelai Kaya Omega 3


Makan sop tahu yang kaya akan protein kedelai vegetarian dengan mineral serat, dan lemak tak jenuh ganda, sangat baik untuk kesehatan jantung. Tambahkan bumbu cita rasa dan saus saat memasaknya.

10. Manfaat Ubi Jalar Untuk Diabetes


Segera tukar kentang putih dengan ubi jalar yang lebih sehat. Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah, yang memastikan kestabilan kadar gula dalam gula darah. Selain itu kaya akan serat, vitamin A, dan lycopene yang merupakan makanan sehat untuk jantung.
Taste Tip: Tingkatkan rasa manis alami mereka dengan taburan kayu manis dan air jeruk nipis sebagai pengganti topping bergula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here