Omega 3 Merupakan Kunci Kembang dan Tumbuh Normal

1
10
Omega 3 dari Marine Omega

Omega 3 adalah asam lemak yang merupakan kunci sukses untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Akibat kurangnya jumlah asupan makanan dari asam lemak omega 3 dan terlalu banyaknya makanan asam lemak omega 6, hal ini merupakan faktor utama yang berkontribusi sangat signifikan terhadap timbulnya berbagai penyakit. Suplemen Omega-3 seperti Marine Omega, Optimum Omega telah menjadi salah satu suplemen paling populer di seluruh dunia. Mereka menggunakannya untuk membantu mencegah dan mengobati sejumlah penyakit serius. Menariknya, tubuh manusia tidak dapat membuat membuat sendiri asam lemak omega-3, karenanya harus mendapatkannya asupan asam lemak ini dari makanan kita sehari-hari.

Mengapa Harus Konsumsi Asam Lemak Omega 3?

Studi menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dari minyak ikan maupun dari minyak udang krill, disangkut-pautkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan kadar trigliserida yang tinggi didalam darah. Selain itu, ada juga beberapa bukti bahwa rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi keluhan rheumatoid arthritis. Bukti sebelumnya, juga menunjukkan mampu mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit jantung.

Penelitan asam lemak Omega-3 telah dipelajari dalam banyak kondisi lain. Studi dilakukan pada asma, kanker, depresi, psoriasis, dan penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Informasi ini seperti yang dikutip dari webMD.com

Berapa Banyak Asam Lemak Omega-3 yang Harus Dikonsumsi?

Secara umum, tidak ada dosis standar jumlah asam lemak omega-3 yang harus dikonsumsi. Mereka yang mengkonsumsinya untuk pengobatan kolesterol tinggi kemungkinan akan membutuhkan dosis yang lebih tinggi. Beberapa ahli sangat merekomendasikan bagi orang dengan penyakit jantung untuk mengkonsumsi suplemen yang kaya akan omega 3. Jika Anda perlu mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3, tanyalah dokter Anda dosis apa yang harus Anda gunakan. Anak-anak tidak boleh menggunakan suplemen asam lemak omega-3 kecuali dokter menyarankannya.

Sumber Makanan Kaya Asam Lemak Omega 3

Sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3 meliputi:

  • Ikan air laut dingin, seperti mackerel, tuna, salmon, udang krill dan sarden
  • Hati ikan cod
  • Minyak biji rami dan canola
  • Kedelai dan tahu serta tempe
  • Kenari

sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan yang berasai dari air lut dingin setidaknya dua kali seminggu untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3.

Efek Samping dan Resiko Konsumsi Omega 3

  • Efek samping suplemen asam lemak Omega-3 dapat menyebabkan sakit perut atau diare. Efek samping ini lebih buruk pada dosis yang lebih tinggi.
  • Resiko pendarahan akibat interaksi dengan obat pengencer darah, obat anti-platelet, atau obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi (seperti Advil atau Motrin) dan suplemen Ginkgo Biloba. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan asam lemak omega-3.
  • Beresiko bagi orang yang hamil, memiliki diabetes, risiko tinggi pendarahan (terutama mereka yang konsumsi “pengencer darah”), atau kolesterol LDL tinggi harus memeriksa dengan penyedia layanan kesehatan mereka sebelum mengambil suplemen asam lemak omega-3. Pada dosis yang sangat tinggi, mereka dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik, karenanya dosis yang aman adalah maksimum 3.000mg perhari.
  • Makan ikan umumnya adalah cara terbaik untuk mendapatkan asam lemak omega-3. Namun perlu diingat bahwa beberapa ikan mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi: king mackerel, swordfish, dan albacore tuna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here