Sarden Ada Cacing, BPOM Tarik 27 Merek Sarden Bercacing

0
9
sarden cacing pita, sarden mengandung cacing, sarden ada cacing, cacing di sarden, cacing dalam sarden, cacing pita di sarden, sarden cacing pita, sarden mengandung cacing, sarden ada cacing, cacing di sarden, cacing dalam sarden, cacing pita di sarden

Sarden Ada Cacing menjadi heboh di bulan Maret 2018. Hampir semua media mengabarkan temuan BPOM yang bikin heboh. BPOM RI (Badan Pengawas Obat dan Makanan) telah menemukan 27 merek ikan makarel atau sarden kalengan yang positif mengandung parasit cacing atau cacing jenis Anisakis Sp.

Rabu 28 Maret 2018, Kepala BPOM RI, Penny K Lukito, menyampaikan “Dari 66 merek ikan makarel dalam kaleng yang terdiri dari 541 sampel ikan, ada 27 merek yang positif mengandung parasit cacing”, demikian penjelasannya yang disampaikan dalam konferensi pers di Kantor BPOM RI, Johar Baru, Jakarta Pusat.
BPOM angkat bicara untuk menjelaskan pemberitaan dan sejumlah video yang viral tentang Sarden Ada Cacing di dalam ikan makarel kemasan kaleng.

Dari 27 merek itu, 16 di antaranya produk impor dan 11 merek merupakan produk dalam negeri. Beberapa merek di antaranya produk yang kerap ditemukan di pasaran, seperti ABC, King Fisher, Gaga, Pronas.

Penny K Lukito mengatakan, pihaknya terus menelusuri dan selalu berkomunikasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait hasil temuan ini. Koordinasi dengan KKP itu dilakukan untuk mengetahui asal-usul dari mana produk dan bahan baku tersebut.

BPOM juga terus memantau pelaksanaan penarikan hingga proses pemusnahan serta meningkatkan sampling dan pengujian terhadap peredaran bets dan semua produk ikan dalam kaleng lainnya, baik produk dalam maupun luar negeri.

“Masyarakat diimbau untuk lebih cermat dan hati-hati dalam membeli produk pangan. Selalu ingat cek “KLIK” (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan,” ujarnya.

Ikan makarel hanya ditemukan di perairan luar Indonesia. Secara natural dinilai telah memang mengandung parasit cacing.

“Tapi tentunya menjadi tugas kami Badan POM untuk menjamin produk yang diproduksi di sini, diedarkan, dan dikonsumsi masyarakat memenuhi standar-standar yang ada dikaitkan dengan hygienic (higienitas), keamanan, mutunya dan manfaatnya,” papar Penny.

Tindakan dari BPOM itu selanjutnya menarik produk sarden kalengan dari pasaran. Dalam hal ini BPOM RI telah meminta kepada BBPOM seluruh Indonesia menarik barang tersebut.
Demikian informasi yang dikutip dari liputan6.com dan kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here